Ada beberapa amalan yang disyariatkan untuk dilakukan di bulan Dzulhijjah. Amalan ini bisa dilakukan oleh kaum muslimin di seluruh penjuru dunia. Berikut diantara amalan tersebut :
1.) Memperbanyak puasa di sembilan hari pertama.
Dianjurkan memperbanyak puasa di sembilan hari bulan Dzulhijjah. Dan ditekankan puasa hari arafah, tanggal 9 Dzulhijjah. Abu Qatadah radliallahu โanhu meriwayatkan bahwa Nabi shallallahu โalaihi wa sallam bersabda,
ุตูุงู ููู ุนุฑูุฉ ุฃุญุชุณุจ ุนูู ุงููู ุฃู ููููุฑ ุงูุณูุฉ ุงูุชู ูุจูู ุ ูุงูุณูุฉ ุงูุชู ุจุนุฏู
โโฆpuasa hari arafah, saya berharap kepada Allah agar menjadikan puasa ini sebagai penebus (dosa, pen.) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya..โ (HR. Ahmad dan Muslim).
Dari Ummul Mukminin, Hafshah radliallahu โanha, bahwa Nabi shallallahu โalaihi wa sallam melaksanakan puasa asyura, sembilan hari pertama Dzulhijjah, dan tiga hari tiap bulan. (HR. An Nasaโi, Abu Daud, Ahmad, dan disahihkan Al-Albani).
2.) Memperbanyak takbiran.
Lafadz takbiran, sama seperti umumnya takbiran yang kita kenal.
Takbiran pada bulan Dzulhijjah ada dua macam:
A. Takbiran yang bersifat mutlak (tidak terikat waktu)
Takbiran mutlak adalah takbiran yang dilakukan kapan saja dan dimana saja, selama masih dalam rentang waktu yang dibolehkan.
Takbir mutlak menjelang Idul Adha dimulai sejak tanggal 1 Dzulhijjah dan berakhir hingga waktu asar tanggal 13 Dzulhijjah. Selama tanggal 1 โ 13 Dzulhijjah ini, kaum muslimin disyariatkan memperbanyak ucapan takbir di mana saja, kapan saja dan dalam kondisi apa saja. Boleh sambil berjalan, di kendaraan, bekerja, berdiri, duduk, ataupun berbaring. demikian pula, takbiran ini bisa dilakukan di rumah, jalan, kantor, sawah, pasar, lapangan, masjid, dst.
Anjuran takbiran selama tanggal 1 sampai 13 Zulhijah ini berdasarkan beberapa dalil berikut,
1. Firman Allah,
ููููุฐูููุฑููุง ุงุณูู ู ุงูููููู ููู ุฃููููุงู ู ู ูุนููููู ูุงุชู
โโฆsupaya mereka berzikir (menyebut) nama Allah pada hari yang telah ditentukanโฆโ (QS. Al-Hajj: 28).
Kemudian di ayat lain, Allah juga berfirman,
ููุงุฐูููุฑููุง ุงูููููู ููู ุฃููููุงู ู ู ูุนูุฏููุฏูุงุชู
โโฆ.Dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang berbilangโฆโ (QS. Al-Baqarah: 203).
Keterangan:
Ibn Abbas menafsirkan ayat ini dengan mengatakan,
ููุงุฐูููุฑููุง ุงูููููู ููู ุฃููููุงู ู ู ูุนููููู ูุงุชู ุฃููููุงู ู ุงููุนูุดูุฑู ุ ููุงูุฃููููุงู ู ุงููู ูุนูุฏููุฏูุงุชู ุฃููููุงู ู ุงูุชููุดูุฑูููู
โYang dimaksud โhari yang telah ditentukanโ adalah tanggal 1 โ 10 Dzulhijjah, sedangkan maksud โbeberapa hari yang berbilangโ adalah hari tasyriq, tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. (Al-Bukhari secara Muaโalaq, Bab: Keutamaan beramal di hari tasyriq).
2. Hadis dari Abdullah bin Umar , bahwa Nabi shallallahu โalaihi wa sallam bersabda,
ู ุง ู ู ุฃูุงู ุฃุนุธู ุนูุฏ ุงููู ููุง ุฃุญุจ ุฅููู ู ู ุงูุนู ู ูููู ู ู ูุฐู ุงูุฃูุงู ุงูุนุดุฑ ูุงูุซุฑูุง ูููู ู ู ุงูุชูููู ูุงูุชูุจูุฑ ูุงูุชุญู ูุฏ
โTidak ada amal yang dilakukan di hari yang lebih agung dan lebih dicintai Allah melebihi amal yang dilakukan pada tanggal 1 โ 10 Dzulhijjah. Oleh karena itu, perbanyaklah membaca tahlil, takbir, dan tahmid pada hari itu.โ (HR. Ahmad dan Sanadnya dishahihkan Syekh Ahmad Syakir).
3. Praktek beberapa sahabat,
ููููุงูู ุงุจููู ุนูู ูุฑู ููุฃูุจูู ููุฑูููุฑูุฉู ููุฎูุฑูุฌูุงูู ุฅูููู ุงูุณููููู ููู ุฃููููุงู ู ุงููุนูุดูุฑู ููููุจููุฑูุงูู ุ ููููููุจููุฑู ุงููููุงุณู ุจูุชูููุจููุฑูููู ูุง
โDulu Ibn Umar dan Abu Hurairah pergi ke pasar pada tanggal 1 โ 10 Dzulhijjah. Mereka berdua mengucapkan kalimat takbir kemudian orang-orang pun bertakbir disebabkan mendengar takbir mereka berdua.โ (HR. Bukhari secara muallaq, Bab: Keutamaan beramal di hari tasyriq).
B. Takbiran yang terikat waktu (Takbir Muqayyad)
Takbiran yang terikat waktu adalah takbiran yang dilaksanakan setiap selesai melaksanakan salat wajib. Takbiran ini dimulai sejak setelah shalat subuh tanggal 9 Dzulhijjah sampai setelah shalat asar tanggal 13 Dzulhijjah. Berikut beberapa dalil yang menunjukkan anjuran takbiran ini,
1. Riwayat dari Umar bin Khattab radliallahu โanhu,
ุฃูู ูุงู ููุจุฑ ู ู ุตูุงุฉ ุงูุบุฏุงุฉ ููู ุนุฑูุฉ ุฅูู ุตูุงุฉ ุงูุธูุฑ ู ู ุขุฎุฑ ุฃูุงู ุงูุชุดุฑูู
Bahwa Umar dulu bertakbir setelah salat subuh pada tanggal 9 Dzulhijjah sampai setelah zuhur pada tanggal 13 Dzulhijjah. (Ibnu Abi Syaibah dan Al-Baihaqi dan sanadnya disahihkan al-Albani).
2. Riwayat dari Ali bin Abi Thalib radliallahu โanhu,
ุฃูู ูุงู ููุจุฑ ู ู ุตูุงุฉ ุงููุฌุฑ ููู ุนุฑูุฉ ุฅูู ุตูุงุฉ ุงูุนุตุฑ ู ู ุขุฎุฑ ุฃูุงู ุงูุชุดุฑููุ ูููุจุฑ ุจุนุฏ ุงูุนุตุฑ
Bahwa Ali bertakbir setelah salat subuh pada tanggal 9 Dzulhijjah sampai asar tanggal 13 Dzulhijjah. Ali juga bertakbir setelah asar. (HR Ibnu Abi Syaibah dan Al-Baihaqi. Al-Albani mengatakan: Sahih dari Ali).
3. Keterangan dari Ibn Abbas radliallahu โanhu,
ุฃูู ูุงู ููุจุฑ ู ู ุตูุงุฉ ุงููุฌุฑ ููู ุนุฑูุฉ ุฅูู ุขุฎุฑ ุฃูุงู ุงูุชุดุฑููุ ูุง ููุจุฑ ูู ุงูู ุบุฑุจ
Bahwa Ibnu Abbas bertakbir setelah salat subuh pada tanggal 9 Dzulhijjah sampai tanggal 13 Dzulhijjah. Ia tidak bertakbir setelah maghrib (malam tanggal 14 Dzluhijjah). (HR Ibnu Abi Syaibah dan Al-Baihaqi. Al-Albani mengatakan, โSanadnya sahihโ).
4. Riwayat dari Ibn Masโud radliallahu โanhu,
ููุจุฑ ู ู ุตูุงุฉ ุงูุตุจุญ ููู ุนุฑูุฉ ุฅูู ุตูุงุฉ ุงูุนุตุฑ ู ู ุขุฎุฑ ุฃูุงู ุงูุชุดุฑูู
Bahwa Ibnu Masโud bertakbir setelah salat subuh pada tanggal 9 Dzulhijjah sampai asar tanggal 13 Dzulhijjah. (HR. Al-Hakim dan disahihkan An-Nawawi dalam Al-Majmuโ).
3.) Memperbanyak amal salih
Dari Ibn Abbas radhiallahu โanhu Nabi shallallahu โalaihi wa sallam bersabda,
ู ูุง ู ููู ุฃููููุงู ู ุงููุนูู ููู ุงูุตููุงููุญู ูููููุง ุฃูุญูุจูู ุฅูููู ุงูููููู ู ููู ููุฐููู ุงูุฃููููุงู ู ยป. ููุนูููู ุฃููููุงู ู ุงููุนูุดูุฑู. ููุงูููุง ููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ูููุงู ุงููุฌูููุงุฏู ููู ุณูุจูููู ุงูููููู ููุงูู ยซ ูููุงู ุงููุฌูููุงุฏู ููู ุณูุจูููู ุงูููููู ุฅููุงูู ุฑูุฌููู ุฎูุฑูุฌู ุจูููููุณููู ููู ูุงูููู ููููู ู ููุฑูุฌูุนู ู ููู ุฐููููู ุจูุดูููุกู
โTidak ada hari dimana suatu amal salih lebih dicintai Allah melebihi amal salih yang dilakukan di sepuluh hari ini (sepuluh hari pertama Dzulhijjah, pen.).โ Para sahabat bertanya, โWahai Rasulullah, termasuk lebih utama dari jihad fi sabilillah? Nabi shallallahu โalaihi wa sallam menjawab, โTermasuk lebih utama dibanding jihad fi sabilillah. Kecuali orang yang keluar dengan jiwa dan hartanya (ke medan jihad), dan tidak ada satupun yang kembali (mati dan hartanya diambil musuh, pen.).โ (HR. Bukhari, Ahmad, dan At-Turmudzi).
Hadis ini menunjukkan kita dianjurkan memperbanyak amal soleh selama 10 hari pertama dzulhijjah. Apapun bentuk amalnya, karena Nabi shallallahu โalaihi wa sallam tidak menentukan amal ibadah khusus selain takbiran dan puasa arafah.
4.) Shalat Idul Adha
Dari Anas bin Malik radliallahu โanhu, beliau mengatakan,
ูุฏู ุฑุณูู ุงููู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู - ุงูู ุฏููุฉ ูููู ููู ุงู ููุนุจูู ูููู ุง ููุงู ยซ ู ุง ูุฐุงู ุงูููู ุงู ยป. ูุงููุง ููุง ููุนุจ ูููู ุง ูู ุงูุฌุงูููุฉ. ููุงู ุฑุณูู ุงููู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู - ยซ ุฅู ุงููู ูุฏ ุฃุจุฏููู ุจูู ุง ุฎูุฑุง ู ููู ุง ููู ุงูุฃุถุญู ูููู ุงููุทุฑ ยป.
Bahwa ketika Nabi shallallahu โalaihi wa sallam tiba di Madinah, masyarakat Madinah memiliki dua hari yang mereka rayakan dengan bermain. Kemudian Nabi shallallahu โalaihi wa sallam bertanya, โDua hari apakah ini?โ Mereka menjawab, โKami merayakannya dengan bermain di dua hari ini ketika zaman jahiliyah. Kemudian Nabi shallallahu โalaihi wa sallam bersabda, โSesungguhnya Allah telah memberikan ganti kepada kalian dengan dua hari yang lebih baik: Idul Fitri dan Idul Adha.โ (HR. An-Nasaโi, Abu Daud, Ahmad, dan disahihkan al-Albani).
5.) ย Menyembelih Hewan Qurban
Allah berfirman:
ููุตูููู ููุฑูุจูููู ููุงููุญูุฑู
โLaksanakanlah salat untuk Rab-mu dan sembelihlah kurban.โ (QS. Al-Kautsar: 2).
Ibadah qurban memiliki nilai sangat penting, sehingga bagi yang mampu, agar jangan sampai meninggalkannya. Anda bisa perhatikan hadis ini,
Dari Abu Hurairah radliallahu โanhu, Nabi shallallahu โalaihi wa sallam bersabda,
ู ู ูุงู ูู ุณุนุฉ ููู ูุถุญ ููุง ููุฑุจู ู ุตูุงูุง
โSiapa yang memililki kelapangan namun dia tidak berkurban maka jangan mendekat ke masjid kami.โ (HR. Ahmad dan Ibnu Majah. Dihasankan Al-Albani).
Catatan: Bagi orang yang hendak berkurban, dilarang memotong kuku dan juga rambutnya (bukan kuku dan bulu hewannya) ketika sudah masuk tanggal 1 Dzulhijjah sampai dia memotong hewan kurbannya.
Dari Umu salamah radliallahu โanha, dari Nabi shallallahu โalaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda,
ู ูู ูุงูู ูููู ุฐูุจุญู ููุฐุจููุญูู ููุฅูุฐูุง ุฃูููููู ูููุงููู ุฐูู ุงููุญูุฌููุฉู ูููุงู ููุฃูุฎูุฐูููู ู ููู ุดูุนูุฑููู ูููุงู ู ููู ุฃูุธูููุงุฑููู ุดูููุฆูุง ุญูุชููู ููุถูุญูููู
โBarangsiapa yang memiliki hewan yang hendak dia sembelih (di hari raya), jika sudah masuk tanggal 1 Dzulhijjah maka janganlah dia memotong rambutnya dan kukunya sedikitpun, sampai dia menyembelih hewan kurbannya.โ (HR. Muslim).
Allahu aโlam