fbpx
Berapa Jumlah Sedekah untuk Anak Yatim? Ini Penjelasannya

Table of Contents

Erlazetcharity.id – Bersedekah kepada anak yatim adalah salah satu cara yang dapat sahabat lakukan untuk memuliakan mereka. Berkaitan dengan pertanyaan berapa jumlah sedekah yang dapat diberikan kepada mereka, tidak ada hukum yang mengikat mengenai batasan ataupun ketetapan jumlahnya. Namun, bagi sahabat yang ingin bersedekah, cara terbaiknya adalah memberikan apapun kepada mereka yang terbaik, baik dari jumlah maupun kualitasnya.

Selain jumlah dan kualitasnya, sahabat juga perlu memperhatikan cara pemberiannya sehingga mereka benar-benar merasa dimuliakan. Cari tahu yuk selengkapnya, bagaimana patongan dalam memberikan sedekah kepada anak yatim dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Tidak sedikit yang bertanya mengenai berapa jumlah sedekah untuk anak yatim? Pertanyaan ini muncul bisa jadi karena seseorang ingin memastikan bahwa jumlah sedekah yang ditunaikan olehnya sesuai dengan anjuran dalam islam.

Dengan demikian, sedekah untuk anak yatim bisa diberikan dalam jumlah berapapun. Nah, bagi kamu yang ingin bersedekah kepada anak yatim maka kamu bisa mengeluarkan dana seikhlasnya dan pantas. Selain dana , kamu juga dapat menunaikannya dalam bentuk lain seperti makanan, sembako, dan kebutuhan lainnya.

Adab Bersedekah kepada Anak Yatim Sesuai dengan Anjuran Nabi

Setelah mengetahui patokan sedekah untuk anak yatim, kamu juga harus mengetahui adab bersedeekah kepada anak yatim sesuai dengan anjuran Nabi. Hal ini penting untuk kamu ketahui agar sedekah yang kamu tunaikan mendatangkan kebermanfaatan dan juga keberkahan yang lebih besar.

Berikut adalah beberapa cara bersedekah kepada anak yatim yang harus kamu perhatikan.

1. Luruskan niat hanya untuk meraih keridhoan Allah

Niat menjadi bagian terpenting dari sebuah perbuatan baik dikerjakan setiap orang termasuk di dalamnya saat menunaikan sedekah. Saat bersedekah, hendaknya kita meluruskan niat hanya untuk meraih ridho-Nya.

Jika saat bersedekah dan masih ada niat dalam hati untuk mendapatkan sanjungan dari orang lain, maka nilai sedekah yang kamu kerjakan akan menjadi sia-sia. Sesaat mungkin kita akan merasakan senangnya di puji orang, namun sedekah tersebut tidak memiliki nilai apapun di sisi-Nya.

2. Memberi barang yang bermanfaat dan layak

Jika ingin menunaikan sedekah kepada anak yatim dalam bentuk barang, pastikanlah barang tersebut dalam kondisi baik dan tentunya memiliki nilai manfaat. Hal ini penting untuk kamu perhatikan karena barang yang berada dalam kondisi baik dapat memperpanjang nilai manfaat dari barang tersebut sehingga setiap kali digunakan insyaallah kamu juga akan mendapatkan pahala kebaikannya.

3. Memberikan sedekah dengan cara yang baik dan santun

Selanjutnya kamu juga dianjurkan agar menunaikan sedekah dengan cara baik dan santunan kepada anak yatim. Cara yang di sini akan menghindarkan dirimu dari sifat sombong yang tentunya akan sangat merugikanmu. Perlu diketahui bahwa sifat sombong merupakan sifat yang dibenci oleh Allah. Dengan demikian, kita juga dianjurkan untuk menghindarinya sebisa mungkin termasuk disaat menunaikan sedekah.

Sedekah yang ditunaikan dengan cara yang baik akan mendatangkan banyak hal-hal baik. Sebab, bisa jadi sedekah yang kamu berikan kepada orang lain dalam hal ini anak yatim dapat mendatangkan banyak doa-doa baik dari para penerima manfaat sedekahmu.

Jadi, berapa sedekah untuk anak yatim? Nah, berapapun itu jumlahnya tidak akan menjadi masalah selama yang kamu berikan adalah sesuatu yang pantas dan memiliki nilai manfaat. Sahabat, mari jadi bagian dalam program pendidikan asrama yatim Erlazet Charity dengan donasi terbaikmu untuk Program Sedekah Makan Anak Yatim dalam tautan berikut ini: Sedekah Orang Tua Asuh Yatim

Branding Baru Kami

Mengenal lebih detail Branding baru kami Yayasan Rahmatan Lilalamin Jakarta Timur