fbpx
Cara Mudah Hitung Zakat Mal Secara Online

Table of Contents

Rahmatanlilalamin.or.id – Selain bermanfaat bagi sahabat ketika hendak membayar zakat mal, mengetahui cara menghitung zakat mal juga bermanfaat bagi sahabat untuk mengetahui apakah harta yang dimiliki telah mencapai nisab zakat atau belum.

Dalam hal ini, seorang Muslim mendapat kewajiban untuk membayar zakat mal ketika harta yang dimiliki atau dikuasai olehnya telah mencapai haul dan nisab. Adapun nisab zakat mal adalah 85 gram emas, kemudian haul zakat sendiri adalah satu tahun penuh.

Adapun kriteria harta yang wajib dizakatkan adalah harta yang dimiliki secara utuh, produktif, melebihi hajat atau kebutuhan dan bebas dari utang. Setelah harta sahabat dizakatkan, amil zakat akan menyalurkan kepada para mustahik zakat yang terdiri dari delapan golongan.

Berapa Persen Zakat Mal yang Harus Dikeluarkan?

Pada umumnya kita mengetahui bahwa jumlah zakat mal yang wajib dikeluarkan adalah 2,5% dari jumlah harta yang wajib dizakati. Namun, jika melihat beberapa jenis zakat mal, terdapat perbedaan mengenai jumlah zakat yang wajib dikeluarkan.

Untuk zakat emas dan perak, zakat penghasilan, serta zakat harta atau barang dagangan jumlah zakat yang wajib dikeluarkannya adalah 2,5%. Kemudian, untuk zakat pertanian nisab zakatnya adalah 5 wasaq yang setara dengan 652,8 kg beras hasil penen, kemudian wajib zakatnya adalah 5% jika hasil pertanian diproses menggunakan cara pengairan dan 10% dari hasil pertanian jika proses bertani tidak menggunakan pengairan.

Selanjutnya, zakat peternakan nisabnya menyesuaikan dengan jenis hewan, untuk sapi nisabnya adalah 30 ekor sapi kemudian kambing nisabnya 40 ekor kambing. Wajib zakat hewan ternak menyesuaikan dengan jumlah hewan yang dimiliki oleh peternak tersebut.

Terakhir, zakat rikaz atau barang temuan jumlah wajib zakatnya adalah 20% dari harta temuannya. Kemudian untuk haul dari zakat rikaz ini tidak ditentukan atau tidak harus menunggu haul terlebih dahulu.

Cara Menghitung Zakat Mal Mudah

Setiap jenis zakat mal memiliki cara perhitungannya yang berbeda. Sebab itu, penting bagi sahabat untuk mengetahui beberapa cara menghitung zakat mal berdasarkan jenis-jenis zakat sebagai berikut.

1. Cara Menghitung Zakat Emas dan Perak

Nisab emas adalah 85 gram kemudian nisab perak

595 gram, kemudian zakat yang wajib dikeluarkan adalah 2,5% dari jumlah emas dan perak. Adapun cara menghitungnya dapat menggunakan rumus sebagai berikut.

Zakat emas: Jumlah emas (minimal 85 gram) x 2,5%

Zakat Perak: Jumlah perak ( minimal 592 gram) x 2,5%

2. Cara menghitung zakat penghasilan

Nisab zakat penghasilan adalah 85 gram emas dan jumlah wajib zakatnya 2,5%. Berikut adalah rumus dan cara menghitungnya.

Zakat penghasilan: Jumlah penghasilan satu tahun penuh x 2,5%

3. Cara menghitung zakat peternakan

a) Sapi

Nisab sapi dalam satu tahun adalah 30 ekor, artinya jika hewan ternak kurang dari 30 maka ia tidak wajib dizakati. Berikut adalah hitungan nisab sapi ternak.

30-39 ekor : ekor tabi’ atau tabi’ah

40-59 ekor : 1 ekor musinah

60 ekor : 2 ekor tabi’ atau 2 ekor tabi’ah

70 ekor : 1 ekor tabi dan 1 ekor musinnah

80 ekor : 2 ekor musinnah

90 ekor : 3 ekor tabi’

100 ekor : 2 ekor tabi’ dan 1 ekor musinnah

Keterangan:

– Tabi’ dan tabi’ah adalah sapi jantan dan betina berusia satu tahun.

– Musinnah adalah sapi betina yang berusia 2 tahun.

– Setiap 30 ekor sapi, zakatnya adalah 1 ekor tabi’ dan setiap 40 ekor sapi, zakatnya adalah 1 ekor musinnah.

b) Kambing

Nisab kambing adalah 40 ekor. Berikut adalah perhitungannya.

40 ekor : 1 ekor kambing

120 ekor : 2 ekor kambing

201 – 300 ekor : 3 ekor kambing

> 300 ekor : setiap 100, 1 ekor kambing

4. Cara menghitung zakat perdagangan

Nisab dari zakat perniagaan ialah senial 85 gram emas dan jumlah zakat yang wajib dikeluarkan adalah 2,5%. Berdasarkan hal itu, perhitungan zakat perniagaan dapat disimpulkan dalam rumus berikut ini: 2,5% x (aset lancar – hutang jangka pendek).

5. Cara menghitung zakat pertanian

Nisab zakat pertanian adalah 5 wasaq atau setara dengan 652,8 kg beras hasil panen, wajib zakat yang harus dikeluarkan adalah 5% jika menggunakan irigasi dan 10% jika tidak menggunakan irigasi, berikut adalah rumus perhitungannya.

Pertanian menggunakan irigasi: Jumlah hasil pertanian (minimal 652,8 kg) x 5% :

Pertanian yang tidak menggunakan irigasi: Jumlah hasil pertanian (minimal 652,8 kg) x 10%

6. Cara menghitung zakat rikaz

Barang temuan wajib dizakati dengan jumlah wajib zakatnya 20%. Adapun rumus perhitungannya ialah jumlah barang temuan x 20%.

Kalkulator Zakat Online

Terdapat cara menghitung zakat mal yang lebih praktis yakni dengan menggunakan kalkulator zakat online. Sahabt cukup mengakses fitur tersebut dan memasukan beberapa data yang diperlukan maka jumlah zakat yang wajib dizakati akan terhitung dengan mudah. Melalui platfrom Indonesia Berbagi, sahabat dapat mengakses fitur tersebut melalui tautan berikut ini: Kalkulator Zakat Online

Kemudian selain terdapat fitur tersebut, sahabat juga akan mendapatkan layanan konsultasi zakat secara gratis melalui seluruh channel media sosial serta nomor telepon admin resmi kami. Semoga kehadiran fitur tersebut menjadikan sahabat lebih mudah dalam menunaikan kewajiban zakat.

Sahabat, dalam menghitung zakat mal dapat melakukan perhitungan secara manual ataupun menggunakan kalkulator zakat online. Setelah mengetahui jumlah zakat yang wajib dikeluarkan, langkah berikutnya adalah membayar zakat kepada lembaga amil zakat resmi dan terpercaya. Ketahui cara membayar zakat mal secara online melalui artikel berikut ini: Cara Membayar Zakat Mal Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Branding Baru Kami

Mengenal lebih detail Branding baru kami Yayasan Rahmatan Lilalamin Jakarta Timur