fbpx
4 Kriteria Hewan yang Dapat Dijadikan Sebagai Qurban

Table of Contents

Erlazetcharity.id – Hewan yang hendak sahabat pilih untuk diqurbankan harus memiliki kriteria ini antara lain jenis hewan ternak, cukup umur, sehat dan tidak cacat. Kita cari tahu yuk kriteria hewan qurban secara lengkap menurut syariat dalam artikel ini, baca sampai selesai ya.

Kriteria dan Syarat Hewan Qurban Menurut Syariat

Hewan qurban yang akan disembelih pada hari raya Idul Adha adalah hewan yang sehat dan disunnahkan memilih hewan yang gemuk. Lebih lengkapnya, berikut adalah kriteria dan syarat hewan qurban yang harus ada dalam hewan qurban pilihan sahabat.

1. Jenis Hewan

Jenis hewan qurban yang sah menurut syariat adalah hewan ternak yang terdiri dari unta, sapi, kambing atau domba. Selain hewan ternak, hewan tersebut tidak dapat dijadikan sebagai hewan qurban. Allah SWT berfirman:

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka.” (QS. Al-Hajj: 34).

Di Indonesia sendiri jenis hewan qurban yang banyak disembelih ialah sapi dan kambing/domba. Nah, sahabat dapat membeli hewan ternak tersebut langsung ke kandang/pasar hewan qurban atau melalui lembaga sosial terpercaya untuk kemudian manfaatnya akan disalurkan kepada masyarakat pra sejahtera.

2. Usia Hewan

Hewan ternak yang hendajk diqurbankan hendaklah mencapai usia minimal sesuai ketentuan dalam islam. Berikut adalah usia minimal hewan yang dapat diqurbankan.

– Unta minimal berumur 5 tahun dan telah masuk tahun ke-6.

– Sapi atau kerbau minimal berumur 2 tahun dan telah masuk tahun ke-3.

– Kambing jenis domba atau biri-biri minimal berusia 1 tahun.

– Kambing jenis domba minimal berusia 1 tahun, jika yang berusia satu tahun sulit ditemukan bisa berusia 6 bulan.

– Kambing biasa (bukan domba/biri-biri) minimal berusia 1 tahun dan telag masuk tahun ke-2.

Berdasarkan kriteria diatas, hewan ternak yang belum mencapai usia minimal tidak sah dijadikan sebagai hewan qurban. Adapun jika hewan telah melebih batas minimal, pastikan hewan tersebut tidak terlalu tua, sebab hewan yang terlalu tua dagingnya sudah keras dan tidak lagi enak saat dikonsumsi.

3. Kondisi Hewan

Selanjutnya, selain memilih jenis hewan qurban yang sesuai serta memastikan hewan telah cukup umur, sahabat juga harus memastikan hewan qurban pilihan sahabat sehat, tidak cacat, dan tidak kurus. Setidaknya ada beberapa kondisi hewan sebagai berikut yang menjadikan hewan tidak sah disembelih  sebagai hewan qurban pada hari raya Idul Adha.

– Buta

– Pincang

– Sakit yang jelas dan menjadikannya kurus serta rusak dagingnya.

– Sangat kurus

– Terputus sebagian atau seluruh bagian telinganya.

– Terputus sebagian atau seluruh ekornya.

Adapun hewan yang pecah atau patah tanduknya, menurut pendapat para ulama tetap sah dijadikan sebagai hewan qurban.

4. Kepemilikan Hewan

Hewan yang hendak disembelih pada hari raya Idul Adha sebagai hewan qurban hendaknya merupakan milik sendiri berdasarkan cara-cara yang sah seperti hasil ternak sendiri atau melalui transaksi jual beli yang sah.

Dalam hal ini, jewam qurban tidak sah disembelih jika berasal dari proses kepemilikan yang tidak sah serta status hewan tersebut adalah hewan gadai atau warisan yang belum dibagi.

Tips Memilih Hewan Qurban Terbaik

Disunnahkan bagi siapa saja yang hendak berqurban agar menyembelih hewan qurban dengan kualitas terbaik. Salah satunya ialah dengan memilih hewan yang gemuk agar dagingnya banyak sehingga dapat dibagikan kepada orang lain dengan takaran yang layak. Nah, bagi sahabat yang ingin mendapatkan hewan qurban terbaik dan saha menurut syariat berikut adalah beberapa tipsnya.

1. Ketahui Umur Hewan Qurban, Pastikan Tidak Terlalu Tua

Mengetahui umur hewan qurban tentunya menjadi bagian penting dalam memilih hewan qurban, selain menjadi syarat hewan qurban yang harus terpenuhi, umur hewan qurban yang pas juga dapat berpengaruh pada kualitas daging nantinya.

Dalam hal ini, sahabat dapat memastikan bahwa umur hewan qurban pas dan tidak terlalu tua. Pasalnya, hewan yang umurnya tua biasanya memiliki daging yang lebih keras sehingga kualitas daging menjadi sedikit berkurang.

2. Pastikan Sehat dan Tidak Memiliki Cacat

Hewan yang cacat tidak sah dijadikan sebagai hewan qurban, dengan demikian saat kamu memilih hewan qurban pastikan hewan tersebut tidak cacat dan berada dalam keadaan sehat. Pastikan hean tersebut tidak buta dan jelas sekali kebutaannya, sakit, pincang dan sangat kurus.

3. Memiliki Nafsu Makan yang Baik

Salah satu kondisi yang menandakan seekor hewan sehat adalah nafsu makannya. Dalam hal ini, hewan yang sehat pada umumnya memiliki nafsu makan yang baik. Kemudian, hewan sehat juga ditandai dengan kelincahannya, matanya bersinar serta bulu hewan tersebut tidak kusam.

4. Perhatikan Tempat Membeli Hewan Qurban

Kondisi tempat dan lingkungan dari kandang hewan juga dapat berpengaruh pada kondisi dan kualitas hewan qurban. Semakin baik kondisi lingkungan di sekitar kandang, maka semakin baik juga kondisi hewan yang ada di dalamnya.

Dalam hal ini, sahabat dapat memerhatikan kondisi kandang hewan qurban sahabat yakni harus bersih, terhindar dari polusi udara serta tumpukan sampah.

Sahabat, demikianlah beberapa tips memilih hewan qurban terbaik untuk di sembelih pada hari raya Idul Adha. Erlazetcharity menawarkan hewan qurban terbaik yang dapat sahabat pilih, selain telah mencukupi umur hewan qurban kami dipastikan sehat dan memenuhi syarat hewan qurban. Ketahui cara membeli hewan qurban di Yayasan Rahmatan Lilalamin Jakarta Timur dalam artikel berikut ini: Tips dan Cara Membeli Hewan Qurban Online yang Sehat dan Sesuai Syariat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Branding Baru Kami

Mengenal lebih detail Branding baru kami Yayasan Rahmatan Lilalamin Jakarta Timur